WE Online, Jakarta

Menginjak tahun baru, para pelaku bisnis dan pengusaha biasanya mencari peluang-peluang baru bisnis yang menjanjikan. Tahun 2020, hari raya Imlek yang merupakan pergantian tahun masyarakat China juga jatuh di bulan Januari, membuat peluang bisnis baru makin diburu.

Waralaba menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan. Karakternya yang menghadirkan bisnis-bisnis ngetren membuat bisnis waralaba makin jadi buruan. Minuman kekinian yang sedang menjadi tren contohnya, masih menjadi bisnis yang menjanjikan tahun ini.

Baca Juga: Jokowi Ngaku Gak Sanggup Ngalahin Bisnis Warga Keturunan Tionghoa, Sulit Katanya

Bisnis waralaba apa yang bagus di tahun 2020 ini?

Ketua umum Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia, Tri Raharjo, mengungkapkan, berdasarkan survei melalui google, ada beberapa bisnis yang cukup tinggi dicari orang. Beberapa bisnis itu antara lain babershop sebanyak 720 pencarian per bulan, coffee shop 300 pencarian per bulan. Selain itu, ada pula martabak, lembaga kursus, bengkel dan asesoris, dan apotek.

“Namun, secara aktual berdasarkan inkuiri, ada juga yang mencari di franchise global, martabak ada 5.262 aplay, dan laundry satuan 1.100 aplay, ada pula spa, kursus, kebab,” jelas Tri Raharjo dalam kesempatan penghargaan No.1 Franchise Choice Award 2020 & Indonesia The Best Franchisee Award, Kamis (20/1/2020).

Tri Raharjo menambahkan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi yang dilakukan untuk mengukur tingkat keterpilihan dalam memilih bisnis franchise, license, & partnership di sebuah kategori bisnis di tahun 2020. Di samping itu, sebagai apresiasi terhadap para mitra terbaik di Indonesia yang telah berhasil menjalankan bisnisnya dalam satu tahun terakhir.

Peraih No.1 Franchise Choice Award 2020 adalah merek-merek yang telah berhasil menjadi merek pilihan calon investor berdasarkan hasil survei No.1 Franchise Choice Index pilihan calon franchise buyer atau calon mitra/investor untuk berinvestasi di tahun 2020. Survei No.1 Franchise Choice Index sendiri dilakukan berdasarkan tiga aspek penilaian yakni Popularity Aspect, Interest Aspect, dan Business Choice Aspect.

Sementara, para peraih Indonesia The Best Franchisee Award 2020 adalah mereka (franchisee/licensee/mitra) yang telah berhasil menjalankan dan mengembangkan bisnisnya hingga sukses dan berkembang. Adapun kriteria penilaiannya diukur berdasarkan Aspek Pendapatan (Omset), Aspek Promosi (Local Marketing), Aspek Finance (Profit), Aspek Manajemen & SDM, serta Aspek Pelayanan.

Adapun para peraih No.1 Franchise/License/Partnership Choice Award 2020, antara lain, Waffelicious (Kategori Waffle), Depo Air Minum Biru (Kategori Air Minum Isi Ulang), Campina (Kategori Ice Cream Corner), Kebab Turki Baba Rafi (Kategori Kebab), Melia Laundry (Kategori Laundry Satuan), Shop&Drive (Kategori Bengkel & Aksesoris Mobil), Apotek K24 (Kategori Apotek), Alfamart (Kategori Minimarket), dan Snapy (Kategori Digital Printing).

Sementara peraih Indonesia The Best Franchisee Award 2020 adalah Waffelicious (CV Nirvana Setia Budi) dengan mitra; Sandro Sugito outlet Bintaro Xchange & Lotte Shopping Avenue, The Emdee Clinic (PT Maju Dinamika Indonesia) dengan mitra; The Emdee Clinic outlet Batam, Kalijodo Coffee (PT Kalijodo Aladin Indonesia) dengan mitra; Ferry Halim outlet Harco Mangga Dua dan Lie Ju Lan cabang Greenlake & Lotte Avenue, Modern Montessori International (PT MMI Edukasih Indonesia) dengan mitra; Modern Montessori International outlet Pantai Indah Kapuk, Melia Laundry (PT Melia Pilar Utama) dengan mitra; Carlo Wisnu Yoedoho workshop Alam Sutera dan Solo serta Yosaphat Novin Susanto workshop Citraland Surabaya, Rocket Chicken (PT Rocket Chicken Indonesia) dengan mitra; Suparyono outlet Banjarmasin, Auto Clean (PT Autoclean Waterless Indonesia) dengan mitra; Awaluddin outlet Mall Botani Square, Trans Studio Mall Makassar, Mall Phinist Point dan Trans Studio Mall Bandung, Roti Gembong Kota Raja (PT Gembong Indonesia Mulia) dengan mitra; Reni Muhrita outlet Dansen-Pontianak dan Serdam-Pontianak, Snapy (PT Snapindo Warlab Sukses) dengan mitra; CL. Setyowati Handayani outlet Margasatwa, Bintaro Sektor 5, Lebak Bulus dan Ciputat. 

loading…

Sumber Artikel