Warta Ekonomi.co.id, Bandung

Peternak sapi mempunyai peranan penting dalam memproduksi asupan makanan sehat bagi masyarakat, sehingga perlu ada campur tangan pemerintah dalam membantu pengembangan usahanya salah satunya melalui koperasi.

Calon Gubernur Jawa Barat TB Hasanuddin mengaku siap membantu usaha peternak sapi yang ada di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, agar berkembang lebih luas dan mampu memproduksi susu yang lebih besar. 

“Kita harus memperhatikan dari awal para peternaknya, seperti permodalan, Kesejahteraan para peternak, salah satunya melalui koperasi,” ungkapnya saat melakukan kunjungan ke Kantor Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (12/2/2018).

Kang Hasan sapaan Cagub PDIP Jabar mengungkapkan, selain susu, aspek lain juga bisa dimanfaatkan seperti kotoran sapi yang dijadikan sebagai energi biogas. Sehingga akan memberikan manfaat yang lebih banyak bagi para peternak.

“Limbah kotoran sapi juga kan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan lain seperti biogas, dan apa yang bisa dibantu saya akan bantu” ungkap Hasan.

Dia menginginkan agar koperasi semacam itu, harus terus dihidupkan bukan hanya untuk peternak, tetapi juga bagi petani, buruh dan lainnya. Sehinga masyarakat yang ada dikalangan bawah mampu meningkatkan taraf perekonomiannya. 

“Harus ada tangan pemerintah untuk mengangkat harkat martabat rakyat dan Meningkatkan kesejahteraan masyarakat bawah,” ujar Hasan.

Adapun, Ketua KPSBU Lembang Dedi Setiadi menyambut baik kebijakan Cagub PDIP tersebut yang siap membantu mengembangkan koperasi di Jawa Barat khususnya di Kabupaten Bandung Barat. Ia menilai, dengan kepedulianya terhadap masyarakat bawah, merupakan pemimpin yang dibutuhkan oleh Jawa Barat.

“Jawa Barat membutuhkan pemimpin yang tegas, cerdas dan mempunyai kepedulian terhadap masyarakat bawah seperti Kang Hasan, insya Allah berkah dan sukses,” pungkasnya.

Sumber Artikel