Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, maju terus pantang mundur di Pilwalkot Solo 2020. Sedangkan, rivalnya, petahana Achmad Purnomo dikabarkan mundur dari pencalonan.

“Tetap konsisten dong,” kata Gibran kepada wartawan di sela menyerahkan bantuan APD di Mapolresta Surakarta, Solo, belum lama ini.

Kendati demikian, balon Wali Kota Solo yang mendaftar melalui DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng) itu enggan menanggapi pengunduran diri Achmad Purnomo. Pemilik kedai martabak Markobar itu lebih memilih fokus membantu penanganan wabah Covid-19 di Solo.

“Kita sekarang sedang kena musibah. Kita fokus untuk kegiatan kemanusiaan dulu,” ujarnya.

Menurut suami Selvi Ananda itu, saat ini semua relawan politik telah diinstruksikan agar menjadi relawan kemanusiaan. Ia mengajak masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Dia juga mengapresiasi para tenaga medis, Pemkot Solo yang telah sigap dalam mencegah penularan Covid-19. 

“Kita fokus kegiatan kemanusiaan dulu. Membagikan sembako, semprot disinfektan, membagikan sanitizer, masker, APD, semua. Kalau lain-lain, nanti dulu,” ungkapnya lagi.

Setelah Solo ditetapkan KLB Corona, pihaknya fokus pada kegiatan kemanusiaan. Gibran berharap agar musibah ini cepat berlalu.

Sebelumnya diberitakan, balon Wali Kota Solo Achmad Purnomo mengundurkan diri jika pilkada digelar Desember 2020. Bukan alasan politik, Wakil Wali Kota Solo itu merasa tak sampai hati jika pilkada dilakukan di tengah mewabahnya Covid-19. Apalagi Presiden Jokowi pernah menyampaikan jika pandemi Covid-19 baru akan selesai dalam waktu satu tahun. 

“Ini masalah hati, perasaan saya itu enggak sampai hati. Seandainya di tengah-tengah pandemi kita melakukan kampanye dan sebagainya yang berkaitan dengan pilkada. Dengan alasan itu, hati saya kok tidak sampai, melakukan itu. Karena itu, rencana saya, kalau seandainya betul tetap 9 Desember, saya akan mengajukan permohonan diri kepada DPC PDIP. Untuk saya diperkenankan mundur dari bakal calon wali kota Solo,” beber Purnomo.

Partner Sindikasi Konten: Rakyat Merdeka

Sumber Artikel