WE Online, Jakarta

Politikus Gerindra Hendarsam Marantoko mengklaim bahwa partainya memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam pemberantasan korupsi. Hal itu ditunjukkan hingga saat ini belum ada legislator partainya di Senayan yang terjerat kasus korupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

“Pertama bahwa mungkin Gerindra mempunyai track record yang sangat baik terkait masalah penguatan dan pemberantasan korupsi di Indonesia. Kami menjadi satu-satunya partai di Senayan yang sampai saat ini anggota DPR-nya sama sekali belum terjaring oleh KPK,” kata dia saat menghadiri diskusi bertajuk ‘Babak Baru KPK’, di Jakarta Pusat, Sabtu, 21 Desember 2019.

Baca Juga: Jokowi Lantik Dewas KPK, Harapan Gerindra dari Hati Banget

Bukan ingin takabur, menurut Hendarsam, pihaknya hanya ingin membuktikan konsistensi memberangus korupsi. Hendarsam menyebutkan, korupsi adalah hal paling haram dilakukan oleh partainya.

Karena itu, Hendarsam menjelaskan, pihaknya juga telah memberi catatan atas UU KPK hasil revisi yang di dalamnya terkandung konsep pengawasan oleh Dewan Pengawas KPK.

Dia menambahkan, pihaknya juga sepakat bila Presiden mengeluarkan Perppu KPK apabila dalam penerapan UU KPK yang baru, setelah nantinya dievaluasi, ternyata tidak sesuai dengan tujuan awalnya.

“Nah, kami dan saya sepakat bahwa ini harus dilihat dulu apakah UU KPK ini dengan beberapa instrumen baru yang dimasukkan bisa efektif dan menguatkan sesuai dengan tujuan awalnya atau tidak,” kata Hendarsam. 

Partner Sindikasi Konten: Viva

Sumber Artikel