WE Online, Jakarta

PT Sribu Digital Kreatif (Sribu), perusahaan startup yang bergerak di bidang penyediaan jasa solusi konten dan pemasaran digital berbasis crowdsourcing karya Anak Indonesia, mengajak para pelaku bisnis tidak hanya sekedar mengikuti tren dan tergiur dengan pertumbuhan transaksi online, namun yang terpenting adalah memahami bagaimana memanfaatkan kanal online secara efektif melalui strategi pemasaran digital dengan dampak yang terukur. 

 

Pangsa pasar bisnis online di Indonesia memang menggiurkan. Data Hootsuite we are social pada Januari 2019 menunjukkan bahwa setidaknya ada 107 juta orang di Indonesia yang melakukan pembelian barang konsumsi melalui e-commerce dengan total nilai transaksi tahunan sebesar lebih dari 9,5 Miliar Dolar Amerika, atau setara dengan 133 Triliun Rupiah. 

 

Baca Juga: Catat! Ini Syarat Penting Bisa Raih Keuntungan Lewat Bisnis Online

 

Melihat besarnya potensi pasar online, tidak sedikit pelaku bisnis konvensional (offline) yang tertarik untuk memasuki pasar online. Dalam perpindahan tersebut, banyak yang berhasil, namun tidak sedikit juga yang berakhir gagal.

 

 

Founder dan CEO Sribu, Ryan Gondokusumo mengtakan bahwa sebagai perusahaan startup yang bergerak di bidang penyediaan jasa solusi konten dan pemasaran digital berbasis crowdsourcing, saat ini Sribu telah membantu lebih dari 30.000 pelaku bisnis skala kecil hingga besar yang ingin mengembangkan bisnis online. 

 

“Dan kami melihat bahwa kendala terbesar yang sering terjadi ketika klien datang untuk berkonsultasi mengenai bisnis online adalah kurang matangnya perencanaan manajemen untuk memulai bisnis online dan kesiapan sumber daya manusia untuk menjalankan strategi pemasaran digital yang efektif,” katanya, dalam keterangan resminya, di Jakarta, Kamis (10/10/2019). 

 

Baca Juga: Mulai Kewalahan Lakukan Bisnis Online? Coba Empat Alat Ini untuk Membantu

 

Adapun beberapa faktor penting yang perlu dipahami oleh para pelaku bisnis agar dapat sukses merambah bisnis online yakni: 

 

Lakukan riset pasar terlebih dahulu 

Pastikan terlebih dahulu apakah produk atau jasa yang ditawarkan banyak dicari oleh target konsumen Anda melalui kanal online, apakah persaingan dengan kompetitor sejenis cukup banyak dan bagaimana peluang Anda untuk memenangkan kompetisi di kanal online. Pemahaman akan ketiga hal ini penting untuk dimengerti supaya strategi pemasaran digital dapat dilakukan dengan tepat.

 

Sumber Artikel