Warta Ekonomi.co.id, Jayapura

PT Angkasa Pura I siap mengambil alih pengelolaan Bandara Sentani pada Januari 2019.

“Pengambilalihan pengelolaan bandara itu dilakukan setelah adanya penanda tanganan kesepakatan dengan Dirjen Perhubungan Udara di Jakarta, 6 September lalu,” kata Corporate Expert Angkasapura Yoca Dwata kepada Antara di Jayapura, Jumat.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya sedang menghitung berapa banyak dana yang akan diinvestasikan ke bandara Sentani guna melakukan sejumlah perbaikan fasilitas dan pelayanan kepada pengguna jasa bandara sekaligus mendukung kegiatan PON 2020 saat Papua menjadi tuan rumah.

Selain itu besarnya investasi yang dikeluarkan akan berdampak kepada besaran kontribusi tetap yang harus dibayarkan AP 1 kepada Kemenhub dalam rangka kerja sama pemanfaatan (ksp) Bandara Sentani.

PT Angkasa Pura I belum memastikan berapa besar dana yang akan diinvestasikan ke bandara Sentani, kata Dwata seraya menambahkan, dana yang akan disiapkan itu bukan sebagai penggantian hak atas tanah warga yang selama ini didemokan.

Aset Bandara Sentani sesuai kerjasama tetap tercatat dalam aset Dirjen Perhubungan Udara karena AP 1 hanya sebagai pengelola bandara saja.

Ketika ditanya tentang pengelolaan parkir di kawasan Ruko Jayapura, Dwata mengatakan, pengelolaan parkir di kawasan ruko Jayapura memang akan diambil alih Angkasa Pura Support sebagai anak perusahaan AP I.

“Mengenai pengelolaan parkir di Ruko Jayapura, akan dijelaskan sendiri oleh managemen Angkasapura Support,” kata Yoca Dwata.

Sumber Artikel