Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Juventus meraih kemenangan 2-1 atas tamunya Sampdoria dalam pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Allianz, Turin, Italia pada Sabtu (29/12/2018) malam.

VAR membantu Juve mengamankan raihan tiga poin, di mana wasit setelah meninjau VAR memutuskan tidak mengesahkan gol Riccardo Saponara pada fase akhir pertandingan, gol yang jika disahkan akan mengubah skor menjadi imbang 2-2, demikian catatan pertandingan di laman resmi Liga Italia.

Kedua gol Bianconerri dibukukan oleh megabintang Cristiano Ronaldo pada menit kedua dan melalui eksekusi penalti pada menit ke-65. Sedangkan gol balasan Sampdoria dibukukan melalui penalti Fabio Quagliarella pada menit ke-33.

Tambahan tiga poin ini membawa Juve menutup perjalanannya di separuh musim dengan koleksi 53 poin untuk memperkokoh posisinya di peringkat satu, sekaligus untuk sementara unggul 12 poin atas tim peringkat kedua Napoli. Sedangkan Sampdoria tertahan di peringkat kelima dengan koleksi 29 poin.

Juve hanya memerlukan waktu dua menit untuk memecah kebuntuan, ketika Ronaldo mendapat operan menyilang dari Paulo Dybala di tepi kotak penalti. Bergerak memotong dan melepaskan tembakan mendatar kaki kanan ke sudut bawah gawang. Kiper Emil Audero, yang dipinjam dari Juventus, tidak mampu bereaksi dengan cukup cepat dan mungkin terpengaruh sorotan sinar matahari.

Dennis Praet melepaskan sepakan melebar, demikian pula yang dilakukan Dybala saat mendapat umpan dari Giorgio Chiellini, namun Sampdoria memiliki peluang bagus saat tendangan sudut Gianluca Caprari dapat disapu sebelum melewati garis gawang oleh Alex Sandro.

Bagaimanapun, wasit merasa perlu meninjau ulang insiden itu melalui VAR dan penalti diberikan karena siku Emre Can sempat mengenai bola. Quagliarella menjadi eksekutor dan sukses mengecoh kiper Mattia Perin untuk mengemas gol untuk kesembilan kalinya secara beruntun di Liga Italia. Pemain terakhir yang mampu mengukir catatan serupa adalah David Trezeguet saat membela Juventus pada 2005.

Arah pertandingan segera berubah, saat Sampdoria berupaya menggebrak dan memiliki beberapa peluang yang gagal dimanfaatkan serta tendangan bebas yang terdefleksi lengan Perin dari jarak dekat.

Menjelang turun minum, Juve mengancam melalui tembakan Dybala yang masih dapat ditepis Audero, dan kemudian Mario Mandzukic tidak mampu mengejar umpan silang Ronaldo.

Blucerchiati terus menebar ancaman, Perin meredam upaya Caprari pada situasi serangan balik, namun Audero melakukan penyelamatan sensasional saat ia menggagalkan sepakan voli Blaise Matuidi.

Audero kembali berjibaku menyelamatkan gawangnya, kali ini ia terbang untuk menepis upaya Ronaldo pada menit ke-60. Beberapa saat kemudian, tandukan Ronaldo dari umpan silang Matuidi tepat sasaran, tetapi bola masih terdefleksi punggung Omar Colley.

Titik balik pertandingan ini kembali terjadi dari titik putih, kali ini Alex Ferrari dinyatakan mengenai bola dengan tangannya saat situasi tendangan sudut. Wasit melihat VAR untuk mengonfirmasi keputusannya, meski lengan tersebut terlihat menempel pada badan, wasit memberikan penalti dan Ronaldo mampu menaklukkan Audero.

Pada fase akhir pertandingan, penyelamatan tidak sempurna Perin memicu serangan Samp dan pemain pengganti Saponara melepaskan sepakan yang masuk ke sudut atas gawang. Bagaimanapun, tinjauan VAR memperlihatkan Gregoire Defrel sempat menyentuh bola untuk menjadi assist dan bukan Alex Sandro, sehingga Saponara berada di posisi offside dan gol itu dianulir.

Susunan pemain:

Juventus (4-3-3): Perin, De Sciglio, Rugani, Chiellini, Alex Sandro, Emre Can, Pjanic, Matuidi (Douglas Costa 82′), Dybala, Mandzukic (Bernardeschi 69′), Cristiano Ronaldo

Sampdoria (4-3-1-2): Audero, Sala, Ferrari, Colley, Murru, Praet, Ekdal (Jankto 82′), Linetty; Ramirez (Saponara 72′), Quagliarella, Caprari (Defrel 67′)

Sumber Artikel