WE Online, Jakarta

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) mengatakan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban kecelakaan pesawat Ukraina di Iran. Kecelakaan yang dialami pesawat Ukraine International Airlines terjadi setelah lepas landas dari bandara internasional Imam Khomeini, Teheran, Iran dan menewaskan 176 orang.

“Sudah kami cek dan tidak ada korban WNI,” kata Direktur Perlindungan Warga Negara dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemlu RI, Judha Nugraha, Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Baca Juga: Bukan karena Rudal, Ini Penyebab Jatuhnya Ukraine International Airlines

Kedutaan Besar (Kedubes) Ukraina di Iran menyatakan berdasarkan informasi awal, pesawat mengalami kerusakan mesin dan kecelakaan bukan akibat terorisme.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menyatakan tak ada korban selamat dalam tragedi mengejutkan itu.

“Duka cita saya pada keluarga serta teman semua penumpang dan kru,” papar Zelenskiy dan menyatakan Ukraina sedang menyelidiki penyebab kecelakaan dan korban tewas.

Televisi Iran mengutip pejabat penerbangan Iran menyatakan pilot pesawat tak mendeklarasikan kondisi darurat saat musibah terjadi. Belum ada pernyataan resmi dari pihak Ukraine International Airlines. Ini menjadi kecelakaan fatal pertama bagi maskapai yang berbasis di Kiev, Ukraina tersebut.

Partner Sindikasi Konten: SINDOnews

Sumber Artikel