WE Online, Jakarta

Platform marketplace business to business (B2B) Ralali.com telah bekerjasama dengan beberapa partner fintech demi memberikan kemudahan bagi UMKM dalam mengelola dan memajukan usahanya. Kerjasama Ralali.com dengan partner fintech selaras dengan program pemerintah dalam mendorong 8 juta UMKM Go Online sampai 2020. Saat ini UMKM yang sudah memanfaatkan platform online untuk pembayaran atau pemasaran baru mencapai 3,79 juta.

 

Ralali.com pun bekerjasama dengan PT Bank Central Asia tbk (BCA) menyediakan layanan pembayaran mudah, praktis dan pro-UMKM. BCA sendiri pada tahun 2018 menargetkan mampu menyalurkan kredit untuk UMKM mencapai 20 persen dari total portofolio kredit BCA. Per semester I tahun 2018, kredit UMKM yang disalurkan BCA mencapai Rp 59,9 triliun atau tumbuh 23% YoY. 

 

Misi BCA ini sejalan dengan misi Ralali.com untuk memberikan kemudahan bagiUMKM dalam pemenuhan kebutuhan usaha secara holistik, salah satunya menghadirkan metode pembayaran alternatif melalui BCA KlikPay.

 

VP Partnership & Monetizing Ralali.com, Alvin Aulia Akbar, mengatakan bahwa layanan ini tak lain ditujukan untuk semakin mempercepat metode pembayaran bagi para UMKM yang merupakan Sahabat Ralali.com.

 

“Kerjasama jangka panjang dan strategis akan terus kami lakukan ke depannya, dengan inisiatif yang mendorong perkembangan UMKM. Kami senantiasa meningkatkan pengalaman berbelanja serba mudah di Ralali.com dan memberikan signifikasi bagi kemajuan bisnis UMKM, dengan kolaborasi dengan para partners.” jelasnya, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

 

Baca Juga: Targetkan 1 Juta Partner, Asuransi Sinar Mas Gandeng Ralali.com

 

Kehadiran metode pembayaran baru yakni KlikPay dari BCA dibarengi dengan beberapa promo bertajuk “AGUSTUS-an, BUNG!” (Usaha Unggul Terus, Banyak Untung) bagi UMKM.

 

Promo spesial ini diharapkan membantu Sahabat Ralali.com (pembeli) mendapatkan bantuan harga murah untuk setiap transaksi kebutuhan usaha. Promo Agustus-an, Bung! Diharapkan dapat juga menarik perhatian UMKM yang saat ini belum melakukan aktivitas belanja di Ralali.com. Promo yang ditawarkan diantaranya cashback belanja sampai maksimal 74%, periode promo dimulai dari 1 sampai 18 Agustus 2019.

 

Baca Juga: Bantu UMKM Go Online, Ralali.com Gerakkan Ratusan Ribu Agen

 

Menyambut momen kemerdekaan HUT RI ke-74 mendatang, UMKM yang melakukan pembayaran melalui BCA KlikPay pada periode 16-18 Agustus 2019 akan meraih cashback tambahan sebesar Rp 178.000 untuk minimal transaksi Rp 700.000. Semua promo ini berlaku untuk kategori promo kecuali untuk digital goods.

 

Dalam kesempatan yang sama, VP Branding & Marketing Ralali.com, Jessica Carla, menjelaskan bila program promosi bertema ‘AGUSTUS-an, Bung!’ ini adalah bentuk nyata kontribusi Ralali.com bersama partners dalam menyambut Hari Kemerdekaan yang bertemakan ‘Menuju Indonesia Unggul’.

 

Sesuai dengan misi Ralali.com yakni kemudahan usaha (sourcing), pengembangan usaha (scaling) dan penguatan usaha (sustaining), kali ini kami menawarkan kemerdekaan dalam arti bebas tanpa beban saat UMKM bertransaksi untuk kebutuhan usahanya.

 

“Layanan ini dapat dinikmati oleh lebih dari setengah juta Sahabat Ralali.com yang telah bergabung di dalam platform kami dan bagi mereka yang akan bergabung.” pungkasnya.

 

Baca Juga: Ralali.com Targetkan GMV Tumbuh 3 Kali Lipat Tahun Ini

 

Cashback akan diberikan dalam bentuk voucher dengan nominal cashback yang sesuai dengan total pembelanjaan. Ralali.com pun berharap melalui kerjasama dengan BCA bisa meningkatkan transaksi secara signifikan, kelanjutan dari tema ulang tahun ke-6 Ralali.com “Beyond To Be Sixnificant”.

 

Melalui penambahan layanan pembayaran digital ini, UMKM atau yang biasa disebut Sahabat akan semakin mudah dalam mengembangkan bisnisnya. Akes pembayaran merupakan salah satu fokus Ralali.com dalam mengembangkan ekosistem berbasis teknologi bagi UMKM Indonesia.

 

Fokus lainnya yakni akses pendanaan, asuransi, investasi dan digital goods. Melalui inovasi teknologi dan beragam program edukasi, Ralali.com menargetkan untuk melakukan pemberdayaan 1 juta UMKM, yang dilakukan dengan melakukan ekspansi ke 25 kota se-Indonesia tahun 2019 ini. 

Sumber Artikel