WE Online, Jakarta

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM bersama dengan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menandatangani nota kesepahaman terkait pembiayaan perumahan yang layak dan terjangkau untuk karyawan PNM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi dan Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo turut hadir langsung dalam acara yang berlangsung di Menara Taspen, Jumat (18/10/2019).

Arief Mulyadi mengatakan, kerja sama ini merupakan reaktualisasi dari pengembangan potensi masing-masing untuk memperluas pelaksanaan fungsi-fungsi sebagai agen pembangunan sekaligus agen pencipta nilai yang diemban oleh kedua entitas.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengungkapkan bahwa ia berharap ke depannya hal tersebut dapat berjalan lancar serta menginspirasi BUMN lainnya untuk dapat bersinergi bersama SMF.

Baca Juga: Ini Alasan PNM Terbitkan Produk ETF Saat IHSG Sedang Loyo

“Kami berharap kerja sama ini meningkatkan kesejahteraan karyawan PMN melalui akses kepemilikan rumah yang layak dan terjangkau, sekaligus menggali potensi baru, yakni pembiayaan KPR bagi masyarakat umum penggiat UMKM binaan PNM, seperti Unit Layanan Modal Mikro (UlaMM) serta Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar),” jelas Ananta.

Dia kembali melanjutkan, kerja sama ini merupakan salah satu bentuk komitmen SMF sebagai BUMN di bawah Kementerian Keuangan, yang mengemban tugas dari pemerintah sebagai Special Mission Vehicle (SMV) untuk membangun dan mengembangkan pasar pembiayaan sekunder perumahan di Indonesia.

Penandatanganan MoU ini merupakan wujud nyata dalam menciptakan sinergi antar-BUMN yang bertujuan untuk pengembangan bidang usaha kedua BUMN, di mana SMF menyalurkan fasilitas pembiayaan jangka menengah/panjang terkait KPR, khususnya kepada karyawan PNM yang saat ini berjumlah 37.699 dan tersebar di seluruh Indonesia.

Melalui kerja sama ini PNM meningkatkan kesejahteraan karyawan melalui kepemilikan perumahan yang layak dan terjangkau. Selain itu, ke depannya PNM akan memanfaatkannya untuk pengembangan bisnis jasa manajemen dan kemitraan bagi UMKM.

Sumber Artikel