WE Online, Jakarta

Tim kuasa hukum Prabowo-Sandiaga, Bambang Widjojanto (BW), saat membacakan gugatan hasil Pilpres 2019 menyinggung peran Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai penjaga konstitusi.

Oleh karena itu, BW meminta MK mewujudkan keadilan dalam pelaksanaan Pemilu. “Mahkamah Konstitusi sebagai penjaga konstitusi (The Guardian of The Constitution) bermakna pula sebagai penegak dan pembuka pintu keadilan benar-benar diharapkan dapat mengejawantahkan dirinya sehingga memberikan harapan masa depan akan negara dan bangsa ini bagi para pencari keadilan,” ujarnya di Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Baca Juga: Taat Arahan Prabowo, KSPI Tak Turunkan Massa di MK

Ia juga mengingatkan para hakim MK sejatinya harus berjiwa negarawan. Sebab itu, predikat negarawan merupakan hal yang sangat mulia yang tak dapat disandang begitu saja oleh jabatan apapun di negeri ini.

“Karena itulah syarat utama bagi seorang hakim konstitusi adalah memiliki jiwa negarawan. Suatu predikat dan kedudukan yang sangat mulia dan tidak dapat disandang begitu saja oleh jabatan apapun di negeri ini,” jelasnya.

“Oleh karena itu seorang hakim konstitusi adalah insan yang sudah selesai dengan dirinya, insan yang mengutamakan substansi, memiliki pengetahuan yang paripurna,” lanjutnya.

Sumber Artikel