Warta Ekonomi.co.id, Manado

Jalan Tol Manado-Bitung, Sulawesi Utara, akan difungsikan selama musim liburan Natal hingga awal tahun baru, kata Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Triono Junoasmono.

“Tol fungsional akan dimulai tanggal 24 Desember 2018 hingga 5 Januari 2019,” kata Triono di Manado, Minggu.

Sebelum difungsikan, kata Triono, pihaknya bersama Gubernur Olly Dondokambey serta jajaran terkait seperti Dinas Perhubungan dan Kepolisian telah meninjau langsung ruas tol yang akan dilintasi.

“Total ada sepanjang 14,2 kilometer yang akan difungsikan hingga awal tahun baru mendatang. Ruas tol ini berada di segmen pemerintah dan jasa marga,” ujarnya.

Apabila difungsikan, lanjut dia, arus kendaraan yang menuju ke Bitung dan sebaliknya akan diatur.

Mulai tanggal 24 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019, dibuka untuk kendaraan yang akan menuju ke Kota Bitung.

Sebaliknya, mulai tanggal 2 Januari-5 Januari 2019, dibuka untuk kendaraan yang akan menuju ke Kota Manado.

“Tidak dibuka penuh hingga malam hari karena memperhatikan faktor keselamatan, apalagi rambu-rambu lalu lintas termasuk lampu jalan belum terpasang sepenuhnya,” ujarnya.

Pengguna jalan tol, kata dia, tidak akan dipungut biaya. “Masih gratis. Kita berharap difungsikannya ruas tol sepanjang 14,2 kilometer ini ikut membantu masyarakat yang akan merayakan natal dan tahun baru,” ujarnya.

Tol Manado-Bitung yang dibangun pemerintah sepanjang 39,9 kilometer membentang dari Kota Manado menuju ke Kota Bitung dan melintasi Kabupaten Minahasa Utara.

Sumber Artikel