WE Online, Jakarta

Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) Malaysia menyampaikan bahwa warga negara Indonesia (WNI) menjadi warga negara asing terbanyak terjangkit positif COVID-19 di Malaysia dengan jumlah sebanyak 108 orang.

Dirjen Kesehatan Malaysia Dr Noor Hisham Abdullah di Putrajaya, Jumat, mengatakan pihaknya mengkategorikan kasus COVID-19 terkait warga negara asing berasal dari kelompok wisatawan, pekerja, imigran dan pemohon suaka.

“Dalam kalangan kategori ini terdapat 601 kasus positif COVID-19, yaitu 356 kasus sedang dirawat, 242 kasus sudah pulih dan tiga kasus meninggal,” katanya.

Baca Juga: Ini Dia Sebaran Kasus Positif Corona Per Wilayah di Jatim

Dia mengatakan warga negara asing terbanyak yang tercatat positif mengidap COVID-19 berasal dari Indonesia dengan 108 kasus, diikuti Filipina (104), Bangladesh (63), India (60) dan Pakistan (51). 

“Seperti yang disampaikan melalui media massa, terdapat peningkatan kasus COVID-19 di Singapura yang dikaitkan dengan penularan virus itu di asrama pekerja. Ini dilaporkan menyumbang kepada lebih daripada 50 persen keseluruhan kasus positif di negara itu,” katanya.

Mengambil pelajaran dari situasi tersebut, ujar dia, Malaysia perlu mengambil langkah-langkah untuk mencegah penularan COVID-19, khususnya di kalangan warga asing.

Ada jutaan anak yang terkendala belajar online karena keterbatasan akses internet. Ada banyak tenaga medis yang tidak dibekali APD lengkap. Mari kita sama-sama sukseskan kampanye #AmanDiRumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Donasi Anda akan disalurkan untuk membantu pengadaan APD dan fasilitas pendidikan online anak-anak Indonesia. Informasi soal donasi klik di sini.

Sumber Artikel