WE Online, Bogor

Unduhan global aplikasi kantor ‘virtual’ seperti Tencent Conference, WeChat Work, Zoom, Microsoft Teams, dan Slack melonjak 5 kali lipat sejak awal tahun karena perubahan pola kerja berbagai perusahaan.

Pada minggu pertama Januari, aplikasi semacam itu menarik 1,4 juta pengguna baru di App Store dan Google Play global.

“Angka itu melonjak ke angka 6,7 juta unduhan pada minggu pertama Maret,” begitu kata firma analisis aplikasi, Sensor Tower, dilansir dari Reuters, Senin (16/3/2020).

Baca Juga: Bukan Cuma Startup, BUMN Ini Juga Minta Karyawan Work From Home

Layanan tersebut mencakup aplikasi konferensi video seperti Zoom dan Google Hangouts Meet, sampai alat canggih yang terinspirasi dari Star Wars–Rumii dan Spatial.

Laporan yang sama menyebut, “Rumii dan Spatial memungkinkan pengguna menghadiri pertemuan di ruang digital di mana mereka dapat melihat dan berinteraksi dengan versi 3D dari rekan kerja dalam bentuk digital.”

Basis pengguna aktif Zoom Video Communications Inc pun bertumbuh 67% sejak awal Januari. Namun, para analis menyebut, tidak semua aplikasi bisnis bakal mengalami keuntungan finansial karena lonjakan permintaan.

“Mayoritas aplikasi itu menawarkan versi percobaan gratis,” kata Analis Summit Insights Group, Jonathan Kees, mengacu pada layanan seperti Microsoft Teams dan Zoom.

loading…

Sumber Artikel